Jumat, Desember 31, 2010

Apa itu Domain dan Hosting?

Suatu sore yang cerah, seorang teman datang berkunjung. Sebut saja namanya Doni--berasa seperti berita kriminal ya, hehehe. Seperti bisa ditebak, kamu mengobrol banyak hal, dari soal mata kuliah, dosen, hingga (ehm) seseorang yang menggetarkan jiwa parampaa

Lalu obrolan beralih ke seputar internet. Awalnya membahas social networking. Lalu Beralih ke blog.

Doni
Jun, blogku kok belakangnya bisa dot web dot id sih?
Aku
Namanya juga beli domain dan hosting. Web-dot-id itu domain Indonesia. Kurang lebih sama dengan com, sama net, hanya saja sifatnya lebih personal.
Sebenernya, domain adalah 'bentuk manusiawi' dari IP address. Misal IP address 299.19.879.199, mengetikkannya pasti susah. Maka disinilah domain berperan penting, memanusiakan manusia--dan tentunya lebih enak dibaca dan mudah diingat. Dari IP tadi dibuatlah domain www.contohku.com. Jadi bisa diambil kesimpulan, domain adalah nama lain dari IP Adress susah diingat itu dan secara otomatis diarahkan kesana.


Doni
Terus apa bedanya domain web.id yang kamu punya dengan domain com yang kamu contohkan dan digunakan banyak orang?

Aku
Cerewet ya kamu? -_- Setahu aku, domain com itu masuk dalam jajaran Global Top Level domain. Sedangkan web.id itu masuk Country Code Top Level domain.Kenapa com banyak dipakai, sudah jelas karena dia bersifat global. Berbeda dengan web.id yang Country Code kamu mesti jadi warga Indonesia, karena harus dilengkapi KTP bila kamu ingin memilikinya satu.

Doni
Ooohh..... Terus belinya dimana tuh? Pakai Paypal atau bisa pakai rekening bank kita?

Aku
Pakai Paypal bisa, pakai rekening bank juga bisa, tergantung kebijakan dari penjualnya :)

Doni
Terus hosting apa? Tadi kamu menyebutkannya kan?

Aku
ibarat domain itu alamat rumah kita, maka hosting adalah tanah di dunia maya. Tanpa hosting, kita tak bisa membangun rumah. Jadi...

Doni
Aku tau, yang kamu maksud rumah itu situs atau blog kan? :D

Aku
Jangan motong perkataan orang dong -_- Jadi, bisa dikatakan hosting adalah suatu jasa yang membantu kita memberitahukan bahwa sebuah halaman situs yang telah kita buat bisa diakses oleh orang lain lewat internet.
Ada banyak jenis hosting, kalau nggak salah sih ada empat, shared hosting, VPS hosting, Dedicated server, sama... satunya lagi aku lupa.
Sebagai blogger, hosting sangatlah penting. Tapi jangan asal memilih layanan hosting. Pastikan layanan hosting yang ingin kamu pakai memiliki kriteria yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan, baik dari layanan costumer servicenya, space dan bandwidthnya, hingga budget kita, hehehe.
Gimana, paham?

Doni
Paham... Sedikit sih. Masalahnya kalau belum ngutak-ngatik sendiri aku belum tahu.

Aku
mungkin video berikut bisa membantumu

Doni
Dari penjelasanmu dan dari video itu aku jadi memiliki gambaran. Ehm, besok kamu ada acara nggak?

Aku
Kenapa? *menatapnya curiga*

Doni
Bantu aku beli domain dan hosting. Aku juga pengen punya blog dengan nama yang aku pilih sendiri, hehehe. Tapi kira-kira dimana ya tempat beli domain dan hosting yang bagus.

Aku
Cari aja infonya di internet. Banyak kok, cari aja dengan keyword, Domain dan hosting murah

Doni
Aku mau yang pasti-pasti aja. Ribet kalau mesti aku mencarinya sendiri :P

Aku
Dasar malas!! -_- Ya sudah kamu coba Jagoan Hosting Indonesia aja. Dari beberapa obrolan sobat online, tampaknya jagoan yang paling banyak direkomendasikan.

Dan Doni pun pamit pulang. Aku mengambil napas panjang. Meski yang kutahu soal domain dan hosting sedikit, tapi lebih baik membaginya dengan orang lain bukan daripada disimpan sendiri? ;)

Moga bermanfaat,
jun
Share:

12 komentar:

  1. Domain ibarat alamat rumah dalam dunia nyata, sedangkan Hosting adalah rumahnya :D

    BalasHapus
  2. Lucu ceritanya ^_^ Saya juga kadang kebingungan gimana ngejelasinnya kalau ada temen yang nanya soal internet,tapi memang ada perasaan bahagia tersendiri bila dia sampai paham

    BalasHapus
  3. aku juga baca artikel seperti ini, modelnya seperti diskusi (dialog). Nice posting sob...

    Aku suka gayamu...

    BalasHapus
  4. >> rauff risharasakti
    kalo menurut saia hosting adalah pekerja pembangun rumah. rumah disini adalah blog ato situsnya :)

    >> Bisnis online internet
    makasih :p
    ya, begitulah, hehehe

    >> Aditya Perdana
    makasih =p

    BalasHapus
  5. paling tidak bagaimana mendapatkan domain yang IP nya seperti dedicated IP, he he he he he ada tak yah hoster yang menyediakan free dedicated IP?

    BalasHapus
  6. >> soe
    saia belum ngerti soal itu bang =p

    >> ilham
    bukan buatan saia videonya, hehehe

    BalasHapus
  7. menarik, tulisannya.. :D

    BalasHapus
  8. mantaff sob....salam..selamat tahun baru

    BalasHapus
  9. >> Erwin
    makasih :)

    >> Julicavero
    makasih,
    selamat tahun baru juga :D

    >> Ravaelz
    iya, keren kan? :p

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^