Minggu, Desember 26, 2010

Sudah sehatkah kamu dalam berinternet?

Prolog
Akhir-akhir ini kesehatan dalam berinternet sering sekali di pertanyakan. Semenjak banyak kasus dari dunia maya mencuat dan diberitakan oleh media lain, semisal televisi dan koran, banyak orang, terutama orang tua, menjadi paranoid. Tidak jarang juga melarang anak-anaknya pergi ke warnet.

Padahal internet memiliki banyak manfaat. Semisal mencari ilmu yang tidak diajarkan di sekolah. Atau mendapatkan teman baru. Bahkan juga bisa menambah pundi-pundi uang.
Internet sehat bersama speedy
Nah, bagi yang memiliki koneksi sendiri di rumah, speedy, sebagai provider internet terbesar di Indonesia, menawarkan beberapa pilihan untuk tetap bisa terhubung ke dunia maya tapi tetap terjamin kesehatannya.

Berikut adalah beberapa program mereka:
1. Memanfaatkan DNS Nawala
DNS Nawala berfungsi sabagai perangkat saringan konten negatif. Semisal situs pornografi, situs perjudian, situs yang mengandung malware dan virus, dan situs-situs lain yang mengancam kesehatan berinternet kita. Dan yang lebih menggembirakan lagi, bisa digunakan hampir di semua jenis OS, baik windows, linux, maupun Mac.

2. Mengubah Port SMTP
Hal ini dimaksudkan untuk mencegah pendukung antivirus dan antispam.

Aku dan internet sehat
Banyak sekali kisah sukses di cyberspace. Tak banyak juga yang mendapatkan berkah dari situ. Termasuk diriku. Meski belum sebesar para pesohor dan selebritis di dunia maya, setidaknya aku bisa membiaya kuliahku sendiri. Juga lumayan untuk jajan sehari-hari (meski biasanya malah beralih ke pulsa, hehehehe).

Saat terkoneksi ke dunia maya, banyak hal yang aku kerjakan. Semisal ngeblog, ngeklik iklan PTC, blogwalking ke blog teman, kadang mencari ilmu baru di forum, dan masih banyak lagi. Hingga membuatku tak sempat membuka situs-situs yang dilarang oleh pemerintah.

Epilog
Meski apa yang ditawarkan oleh Speedy sangat menjanjikan agar kita, dan keluarga kita, terhindar dari marabahaya dari dunia yang tidak memiliki batas ruang dan waktu itu. Kembali kepada individu masing-masing. Bila internet diibaratkan sebagai kendaraan, maka kita adalah pengemudinya.
Dengan niat ingin memanfaatkan potensinya sebaik mungkin, maka secara otomatis kita pun terhindar dari hal yang tidak kita inginkan. Jadi, sudah sehatkah kamu dalam berinternet? Hanya kamu yang bisa menjawabnya ^_~

Salam,
jun
Share:

14 komentar:

  1. jujur, saya belum berinternet sehat , hehehe
    gk tau knp??

    BalasHapus
  2. kadang banyak ngaconya speedy sob kalo hujan pasti lelet n kalo jam 12.00 pasti mati oyah btw berat banget buka websitenya.

    Salam

    BalasHapus
  3. diusahakan untuk sehat sob

    BalasHapus
  4. sudah kayaknya.. Hehehe *tapi sepertinya belum*

    BalasHapus
  5. tepat sekali bro, kurang lebih sama dengan anda. Kegiatan internetku kebanyakan berupa blogging & blogging utk mengidupi ke3 blog saya yg aktif. Hehe
    Salam kenal ya :)

    BalasHapus
  6. >> Daris
    sehat ato nggak yg jelas kita sadar diri :)

    >> Daun
    wah, masa berat sob?
    hmmm, padahal penggunaan gadget udah seminim mungkin...

    >> Tomo
    betul sekali :D

    >> Blog Santai
    Jiah, labil dong XD

    >> TB
    salam kenal balik :)

    BalasHapus
  7. mempromosikan speedy mas?!?!? sepertinya saya agak kurang sreg nih... soalnya banyak saya mengalami kesedihan yang mesti terjadi bersama speedy :p

    BalasHapus
  8. Komentar mah hanya pake CSS, kalo kotak postingan yg dimaksudkan awan berjalan! itu baru pake jQuery :)

    BalasHapus
  9. empat sehat lima sempurna deeehh...

    BalasHapus
  10. >> Masjid kita
    hehehe, programnya bagus kok pantas buat dipromosikan :)

    >> Beben
    wah, ajarin dong gan :p

    >> Mas Hengky
    ihhi, dikunjungin seleb blogger :D

    BalasHapus
  11. insya allah sudah mas jun.

    BalasHapus
  12. haha, speedy ni kadang ok kadang ampun mas.. saya berharap sih selain bisa lebih murah kualitas juga harus ditingkatkan....

    ada beberapa software yang cukup baik pula untuki membantu memfilter penggunaan internet

    BalasHapus
  13. Nggk jaman lagi buka yg aneh2x

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^