Sabtu, April 30, 2011

Smarter Planet ada di depan mata?

Bukannya kamu mau menunjukkan Bagaimana membuat Smarter Planet dengan Smarter Computing? Kenapa malah menunjukkan video...




Itu video macetnya Jakarta bukan? kabarnya gubernur Jakarta nyaris menyerah karena tidak bisa mengatasinya..
Disitulah tugas smarter planet. Kamu percaya tidak kalau masalah tersebut bisa diatasi dengan teknologi cloud computing? Tim dari IBM (inisiator smarter planet) dipercaya sebagai pemecah solusinya. Tahu dong, manusia zaman sekarang tidak bisa lepas dari internet. Makanya Cloud Computing--komputasi yang berbasis internet--dipilih, di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna. Kelebihannya antara lain lebih efisien. Dalam beberapa segi juga hemat , hemat waktu, hemat biaya, dan tentunya hemat tenaga dan hasilnya maksimal.

Itu artinya, Indonesia sudah tersentuh smarter planet?
Sebenarnya sudah sejak lama. Di Bali, ada desa yang warganya memiliki kartu pintar berisi data-data pribadi mereka. Pemasangan kamera cctv di beberapa lokasi di Surabaya. Dan... Ini mungkin bikin kamu terkejut. Smartphone merupakan bentuk konkret dari revolusi smarter Computing!

Serius? Setiap hari aku memegang dan menjelajahi menunya. Ternyata....
Tepat di depan mata. Tanpa disadari banyak yang telah menggunakan smarter computing--yang merupakan elemen utama dari smarter planet. Agar Bumi benar-benar bisa menjelma jadi smarter planet, mendayagunakan apa yang telah ada dengan optimal. Sudah saatnya untuk tidak bekerja keras tapi (tugas kita) bekerja dengan cerdas.

Referensi: youtube, kompas online, wikipedia, @IBMsystemsID (twitter IBM System Indonesia)
Share:

0 comments:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^