Rabu, Mei 09, 2012

Cara menambahkan [data] buku di [database] goodreads

Masih ingat dengan janjiku di postingan Cara daftar akun di goodreads, aku berjanji akan memberitahu cara menambahkan data buku di database goodreads? Aku berniat untuk menepatinya.

Tanpa berpanjang lebar lagi, ini dia langkah-langkahnya.

1. Ketikkan judul buku di kotak search. Judul bukunya bisa apa saja. Bisa judul buku yang sudah ada, atau judul buku yang hendak kalian masukkan--mungkin judul buku yang kalian tulis atau hendak kalian terbitkan.

2. Setelah halaman search tampil dengan sempurna--atau setidaknya bagian atasnya saja, arahkan kursor ke layar sebelah kanan atas. Klik tulisan Manually Add Book.

3. Pada halaman Manually Add Book, masukkan entry semisal judul buku, nama penulis, sinopsis, tahun terbit, jenis buku (apakah buku cetak, buku cetak dengan hardcover, atau ebook), dan seterusnya.

4. Selesai mengisi entry? Klik tombol save yang berada di bagian bawah.

Selamat! Buku kamu sudah ada di dalam database goodreads \^^/

Eh, Jun, aku kan penulis buku yang datanya baru aku masukkan. Kenapa pas aku klik nama penulisnya malah masuk ke halaman baru dan bukannya profilku?

Soal itu... Aku akan membahasnya untuk lain kali. Sabar ya, satu-satu aja dulu. Oke? ;)

Share:

20 komentar:

  1. siap di jabanin..om...

    BalasHapus
  2. mihihihi....

    eh.. iya, mau nanya dongs... gmn update status d Goodreads, bebs? :o

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu jika ada http://www.goodreads.com/ dan aku baru saja membukanya. Kira - kira itu khusus buku asing kah ? atau buku lokal juga ada ? aku juga manika sama buku.

    BalasHapus
  4. Maksudnya maniak buku, saya paling hoby membaca.

    BalasHapus
  5. saya baru punya goodreads, masih bingung, claim author aja ampe seharian :D

    BalasHapus
  6. >> Fajar
    hahah

    >> Asti
    ntar ya, pasti ada kok tutorialnya :D

    >> Djangkaru Bumi
    Buku lokal juga ada. tapi memang kebanyakan yang ada di database goodreads buku luar.
    Toss! *sebagai sesama buku-holic :))

    >> NF
    tapi sudah bisa claim kan, sob? :D

    BalasHapus
  7. punya akun goodreads juga ya Jun? akun Froggy udah terlantar keknya ihihihi.... makasih buat kunjungannya yach, lam kenal kembali...

    BalasHapus
  8. masih bingung aku.. hehehe

    kapan2 harud paham betul

    salam kenal yaa :)

    BalasHapus
  9. >> froggy
    setiap hari malah mengunjunginya aku sob :D
    Sama-sama ^^

    >> Cah kesesi ayutea
    semangat! :D
    Salam kenal balik :)

    BalasHapus
  10. baru dengar ane ama yang namanya goodreads, dari namanya kayaknya situs baca". eh, ternyata situs kumpulan buku ya :)

    BalasHapus
  11. oh okay, bebs. I'll wait! :D/

    BalasHapus
  12. Posting yang sobat Tika maksud, posting apa ya?

    BalasHapus
  13. makasih atas informasinya. saya sudah mencobanya, tapi tidak bisa, katanya harus memverifikasi email dulu. maksudnya apa ya? saya kurang paham.
    mohon bantuannya ^^

    BalasHapus
  14. >> Rifani Magrissa
    Akun goodreads sobat Rifani sudah diverifikasi belum? Kalau belum diverifikasi dulu ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Verifikasinya gimana ya? Kok ga mau terus ya?

      Hapus
    2. Verifikasi email. Jadi saat sobat Yusi daftar di Goodreads, ada email konfirmasi bukan? Nah, tautan yang ada di dalam email itu diklik dan dank! sudah terverikasi deh :))

      Hapus
  15. iya sudah saya verifikasi dulu baru bisa :)
    terimakasih banyak yaa, dan salam kenal ^^

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^