Selasa, Agustus 28, 2012

About.me: kartu Nama Online

Di zaman di mana internet kini dipakai hampir seluruh lapisan masyarakat, banyak sekali hal yang kemudian muncul versi onlinenya. Portal berita yang dulu di dominasi oleh koran dan majalah, sekarang telah muncul e-newspaper dan e-magazine. Dulu untuk membeli sesuatu seperti buku, pakaian, mesti datang ke toko atau departement store, tapi sejak ada internet e-shop mulai menjamur--meski masih jarang (menurut pengamatanku) yang melakukan transaksi online. Tidak perlu menunggu dalam hitungan jam, hari, bulan hanya untuk menerima surat, cukup gunakan fasilitas email yang langsung delivery detik itu juga.

Zaman yang semakin cangih, membuat orang-orang juga harus berpikir canggih. Tidak terkecuali para pendiri About.me. Aku tidak tahu siapa pendirinya, kalian bisa membacanya sendiri di wikipedia. Tapi ide men-digitalkan kartu nama merupakan ide yang lumayan, menurutku.


Aku tidak tahu siapa yang punya ide pertama membuat kartu nama digital. Tapi yang pertama kukenal adalah about.me. Dan nama domainnya itu loh, sangat, sangat brilian. Sangat pas dengan apa yang ditawarkan. Aku mendaftarkan diri di about.me ketika masih dalam versi beta. Sehingga username sederhana yang terpikirkan olehku bisa kugunakan semuanya. Tapi pilihanku jatuh pada: rean.

Kok bukan, Jun?

Well, saat itu belum ada yang memanggilku Jun.

Ohh, jangan tanya bagaimana aku bisa tahu mengenai situs itu. Mungkin saja aku mengklik iklan di facebook atau email atau blog seseorang.

Lalu, bagaimana cara mempunyai kartu nama online di About.me?

Pertama, (jelas) kunjungi about.me. Masa iya kunjungi gmail.com? x))

Kedua, isi kolom yang ada sesuai yang diperintahkan

Ketiga, isi data diri kamu. Termasuk background kartu nama (kalau tidak punya foto, kalian bisa menggunakan pilihan yang ada) dan foto diri (dibiarkan kosong tidak masalah). Ohh, pada kolom yang berisi tulisan kalian bisa mengubah warna, ukuran, dan jenis font yang bisa digunakan.

Keempat, pilih service (situs pertemanan) yang kalian punya. Ada twitter, ada facebook (dan facebook page), lalu blogger, wordpress, tumblr, posterous, instagram, foursquare, linkedin dan masih banyak lagi.
Jika kalian punya lebih dari satu blogger, wordpress, twitter, facebook, kalian bisa mendaftarkannya di direct link. Setahuku direct link ini tidak memiliki batasan.

Kelima, Selamat! Kamu punya kartu online sekarang!

Kenapa mesti punya About.me?
Saat kita mengenalkan diri dan ditanyai banyak hal semisal, "kamu punya blog?" dan "facebook kamu apa?" dan "twittermu apa, biar aku follow tapi followback ya?" dan "saling follow tumblr yuk, tumblr kamu apa?" Kamu cukup menjawabnya dengan satu kalimat, "kunjungi aja kartu nama onlineku di about.me/usernamekamu."

Simple, banget kan?
Satu situs berisi link semua situs pertemanan kita. Hal ini juga memudahkan teman dan kenalan kita dalam menemukan semua situs kita. Apalagi urlnya mudah sekali diingat.

Bagi teman-teman yang pengen lihat kartu nama onlineku, silakan kunjungi About.me/rean.

Share:

5 komentar:

  1. hehe.. perasa'an kamu sering dipanggil Fer deh... :D *jaman SMK* :wkw
    btw.. aku juga udah bbuat kok.. :D

    BalasHapus
  2. bukan perasaan itu mah x))

    Syukurlah kalo udah buat :D

    BalasHapus
  3. Hihi sementara kartu nama online ku about me di blog aja dehh :D

    BalasHapus
  4. coba i-ktp.com gan.. lebih sekedar dari kartu nama online

    BalasHapus
  5. >> Siapa ya?
    Boleh :))

    >> I-KTP
    boleh nih kapan-kapan aku review :D

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^