Selasa, Januari 29, 2013

Paranorman

Jika kamu punya kelebihan bisa melihat dan bicara pada hantu, bagaimana perasaanmu? Senang? Sedih? Takut? Merasa aneh?

Bila jawabanmu adalah keempat hal itu, maka kamu harus kenal dengan Norman. Dia bisa melihat dan bicara dengan orang mati. Dia senang, sebab dia masih bisa bicara dengan neneknya. Dia sedih, sebab tidak ada yang memahaminya. Dia merasa aneh, sebab dia memang tidak normal. Orang-orang di sekitarnya, bahkan kakak dan ayahnya, memintanya untuk berhenti bersikap aneh--seolah dia bisa memilih memiliki sebuah berkah ajaib.

Dia juga takut. Sebab dia harus mencegah kebangkitan arwah penyihir yang marah. Sebab bila dia bangkit, dia akan "menghidupkan" para mayat!

Sanggupkah Norman mencegah kebangkitan arwah penyihir? Atau dia diam saja dan membiarkan semua orang, yang kebanyakan menganggapnya aneh, dimakan zombie?

Tentu saja, dalam sebuah kisah hiburan, kebanyakan hero atau heroin memilih menyelamatkan orang-orang, meski dia dibenci. Termasuk Norman.

Pemilihan nama Norman sendiri cukup terbilang unik. Norman ini punya kemampuan paranormal, yang kemudian dijadikan pembuatnya menjadi judul kisah ini: Paranorman. Lalu keanehannya membuat teman-temannya bisa mengejeknya dengan sebutan abnorman.

Aku tidak bisa menceritakannya lebih banyak dari sinopsis diatas. Film ini sendiri durasinya tidak banyak. Dan saat para zombie, yang seram tapi lucu, mulai muncul, penonton dibikin tidak bisa beranjak dari tempat duduknya. Keseruan. Perseteruan. Kesalahpahaman.

Bulu kudukku langsung merinding ketika mendekati ending. Paranorman memberi, tentu saja, inspirasi. Menelaah soal ketakutan, kesendirian, rasa sakit, balas dendam, kasih sayang dan pilihan. Juga kejutan, ternyata zombienya... Jeng, jeng!

Kejutannya tidak berhenti disitu. Ada satu lagi kejutan di bagian akhir: keanehan yang lain, yang tidak kalian duga dan mungkin bisa bikin kalian tertawa.

Paranorman cocok kok dilihat oleh semua umur. Selain kisahnya unik, menjungkir-balikkan keseraman zombie, juga banyak nilai kehidupan yang bisa dipelajari. Sayang sekali bukan melewatkannya begitu saja? ;)
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^