Jumat, Maret 08, 2013

Roti atau Nasi?

Ketika mesti memilih menu sarapan, mana yang akan pilih Roti atau Nasi? Dan kenapa?

Kalau aku, jelas bakal pilih nasi. Aku orang Indonesia. Sesuai dengan kebanyakan masyarakat Indonesia, rasanya kurang afdol kalau makan nggak pakai nasi. Dan lagipula, menurut perkiraanku, nasi jelas lebih mengenyangkan ketimbang roti.

Namun, tidak sedikit juga yang sarapan menggunakan roti. Hanya saja, orang yang makan roti kadang mendapat celetuk, "Cie, udah kayak orang barat aja nih, makannya roti." (Pengalaman pribadi, hahah).

Mau roti mau nasi, nggak ada masalah sih sebenarnya bagiku. Yang penting perut diisi, hahah.

Namun aku agak prihatin dengan orang-orang yang bukan keduanya. Bukan pemakan nasi maupun roti. Hal ini dikarenakan dengan pengetahuan yang berkembang di masyarakat. Katanya nasi bisa bikin gemuk dan roti katanya bikin lambung kewalahan sebab roti susah dicerna.

Padahal masih katanya. Tapi bukankah katanya juga kadang membawa kebenaran di dalamnya?
Yah ketimbang berspekulasi, lebih landjut batja coretan ini, seperti yang aku kutip dari situs wolipop.

1. Karbohidrat
Nasi memiliki karbohidrat yang rendah
sedangkan roti kaya akan karbohidrat kompleks.

Butuh asupan kalori atau energi lebih banyak saat proses
enzim ketika memecah karbohidrat kompleks.

Kenapa hal itu penting diketahui? Sebab, seandainya kamu diserang sakit perut, akan lebih baik kamu
makan nasi ketimbang roti karena energi yang
dibutuhkan untuk memecah karbohidrat dari nasi lebih
rendah.

2. Malas dan Lesu
Nasi meningkatkan kadar gula darah kita.

Meningkatnya gula darah itu-lah yang menjadi penyebab kita merasa malas dan lesu, bahkan mengantuk, setelah makan nasi.

Bakal gawat banget kan kalau ketika di kelas atau ketika bekerja kita mengalami hal itu.

Bagi yang daya tahannya rendah dalam menanggulangi malas, lesu, ngantuk, ada baiknya sarapan dengan roti.

3. Lemak
Nasi lebih banyak mengandung lemak daripada roti.

Tapi hal itu bisa diakali dengan memasak nasi menggunakan pressure cooker, agar air
Terserap sempurna ke dalam beras sehingga lebih sehat saat
dikonsumsi.

4. Serat
Roti mempunyai lebih banyak serat ketimbang beras.

Penyebabnya, roti punya karbohidrat kompleks yang merupakan sumber dari
serat.

Tampaknya, coretan ini memojokkan nasi ya? Aku sendiri agak terkejut sebab roti jauh lebih... Nggak lebih sehat dari nasi sih, tapi punya lebih banyak hal yang dibutuhkan tubuh.

Hanya saja, ada satu hal yang mengangguku, sebab di situs aku mendapatkan pengetahuan ini juga tidak dijelaskan, rotinya itu roti apa ya? Roti tawar? Roti isi selai? Roti gandum?

And, that's... A question of life #eh
Share:

0 comments:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^