Rabu, Januari 08, 2014

Proyek 27 Hari

Sudah lama sekali diriku tidak menantang diriku sendiri. Tantangan terakhir tampaknya sudah bertahun-tahun yang lalu. Dan aku cukup puas bisa berhasil menyelesaikan tantangan itu. Cukup karena hasilnya bisa dibilang kurang begitu sempurna.


Kali ini aku menantang lagi diriku sendiri dalam proyek 27 hari: menyelesaikan naskah Cinta, Janji dan Invasi Alien. Naskah itu pertama kali aku kerjakan dalam rangka untuk mengikuti lomba penulisan Amore yang diadakan oleh Gramedia, tapi sudah bisa ditebak, ketika sampai deadline naskah itu belum selesai.

Naskah itu tak pernah terlupakan. Apalagi hingga berdebu di pojok kamar. Otakku terus berputar mencari lubang logika dan kalau bisa segera menambalnya. Sempat aku ingin ikut sertakan dalam lomba yang diadakan oleh Divapress, juga oleh Grasindo yang baru kelar bulan kemarin, tapi lagi-lagi aku kehabisan waktu.

Tentu aku tidak bangga pada diriku sendiri pada waktu itu. Aku melepaskan kesempatan emas!

Aku sedih. Aku marah (pada diriku sendiri). Aku merasa jadi orang paling bodoh sedunia. Tapi percuma juga meratapi. Hanya buang-buang tenaga. Aku pun mulai menghibur diri bahwa mungkin ini bagian dari rencana-Nya. Bahwa saat itu belum saatnya bagiku. Bahwa itu bagian dari rencana besar-Nya.

Lalu ada sebuah kejadian. Sebuah pertanda. Aku merasa bahwa sekaranglah waktunya.

Cara biasa tidak akan mengusir rasa malasku. Tapi tantangan bisa. Setidaknya itu yang aku yakini. Biasanya dan seringnya aku menganggap serius tantangan yang aku ambil. Terbukti di tantangan terakhir, aku berhasil menyelesaikan naskahku yang inisial judulnya TBWWBFTGC (yap, panjang banget judulnya makanya aku singkat saja) dalam waktu 30 hari. Kali ini aku menantang diriku menyelesaikan naskahku yang sudah memiliki 8 bab dalam 27 hari.

Kalian pasti bertanya-tanya, kenapa begitu lama?

Karena... Yah, aku tahun ini agak sibuk (sok sibuk, mungkin lebih tepat). Selain mesti harus segera menyelesaikan laporan (untuk kuliahku), aku juga mesti menjawab tantangan membaca yang sudah aku ikuti.

Proyek 27 hari ini dimulai hari ini, tanggal 8 Januari dan berakhir 27 hari kemudian, atau lebih tepatnya 4 Februari.

Doakan aku berhasil.

Share:

2 komentar:

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^