Selasa, Mei 27, 2014

11 Alasan

11 alasan paling top kenapa aku mesti pergi ke Inggris:

11. Standarlah; pengen ngunjungin situs-situs bersejarah dan terkenal di Inggris. Alasan utamanya adalah untuk memuaskan rasa penasaranku akan situs-situs tersebut dan indera penglihatanku yang kelaparan akan desain arsitekturnya yang, kata banyak orang, menyuguhkan keindahan. Berikut daftarnya: (catatan: di beberapa situs aku tambahkan beberapa alasan lainnya)

a) Big Ben - Tidak hanya bagian luarnya, tapi juga dalamnya, secara aku pengen ngukur diameter roda terbesarnya. Jangan tanya untuk apa aku melakukannya.
b) London Bridge
c) Istana Buckingham - Aku ingin menjadi mereka yang masuk ke tempat tinggal Ratu tapi tidak memakai pakaian resmi xD
d) Spongehenge Stonehenge - Sangat penasaran seberapa misteriusnya situs yang satu ini. Kalau bisa sih pengen juga menyentuh dan merasakan lekuk tubuh susunan batu-batu tersebut dengan tanganku sendiri.
e) Notting Hill - Penasaran gara-gara sering disebut di pelem-pelem film-film dan novel-novel.
f) Eye of London atau London's Eye - Pengen tahu seberapa istimewanya "mata London" ini dengan mencoba menaikinya [?] dan mencicipi sensasi naik turunnya [??] )
g) Trafalgar Square
h) Westminster Abbey
i) Beatles Museum
j) Dan, tentu saja, peron 9 3/4 di stasiun King's Cross - Yang ini aku rasa tidak perlu dijelasin, aku yakin kalian tidak akan mempercayainya kalau aku ini sebenarnya... adalah... adalah... jangan tertawa ya... aku ini sebenarnya adalah... seorang manusia :'D *digaplok* *pakai tiket pesawat pulang-pergi ke Inggris*

10. 221B Baker street. Tepatnya tempat tinggal Sherlock Holmes. Aku gatal sekali ingin sekali digaruk memberi tantangan pada Sherlock buat nebak seperti apa karakterku lewat kemampuan deduksinya. Aku sendiri bingung dengan diriku sendiri; satu menit gembira, menit berikutnya bermuram durja. Kata orang, itu karena aku lahir dalam naungan konstelasi Gemini. Aku percaya-percaya saja, secara memang itu zodiakku. Tapi tetap saja itu tidak menjelaskan apapun. Aku ingin penjelasan yang ilmiah.

9. Sejak melihat sosok prajurit berbaju merah yang membawa bayonet (atau senjata (?) lainnya) dan tak boleh gerak (kecuali ketika dipegang) di banyak film juga serial tv, aku benar-benar sangat penasaran dengan mereka. Aku jadi ingin sekali mencoba ngegodain prajurit yang tidak boleh gerak itu! XD

8. Orang Eropa itu amat sangat menghargai seni. Maka dari itu cara "mencari nafkah di jalanan" (aka ngamen) jadi lebih variatif. Tidak hanya bernyanyi dan bermain musik, tapi juga bermain drama dan menjadi patung. Aku pertama kali tahu ngamen dengan menjadi patung lewat sebuah novel karya salah satu anak bangsa. Nah, anggap saja aku bukan turis (sebab turis dilarang mencari nafkah), atau... anggap saja aku datang ke Inggris dengan undangan seorang teman, dan temanku itu sedang mengumpulkan dana untuk membantu orang lain dengan cara menjadi patung, aku akan dengan senang hati membantunya sambil mencicipi seperti apa sih rasanya ngamen dengan menjadi patung. Apakah nikmat (?), atau apakah hanya akan memberiku capek doang? Ataukah malah memberiku keduanya; capek tapi juga rasa nikmat (?) yang bikin ketagihan?

7. Alasan nomor 7 ini mungkin bisa dikatakan tidak penting: aku ingin melihat langit Inggris. Aku bukan pemuja langit, atau tepatnya aku suka langit tapi tidak sampai membuatku sampai tergila-gila. Aku pernah dengar langit di Inggris masih terang benderang padahal jam menunjukkan waktu 20. Mungkinkah karena itukah negara tempat tinggal Ratu Elizabeth II itu dijuluki negeri matahari tak pernah tenggelam?

6. I'm a Potterhead. Dari situ saja kalian pasti sudah bisa menebak apa alasanku di nomor ini. Yap, tidak salah lagi, aku pengen ketemu dengan tanteku (?), yang penulis novel saga penyihir bercodet sambaran kilat, tante Jo, atau lengkapnya Joanne Kathlyn Rowling, atau yang dunia lebih mengenalnya dengan J.K. Rowling! Siapa tahu dengan ketemu beliau aku ketularan bakat beliau. Atau siapa tahu dengan beliau melihatku beliau kemudian tertarik untuk mengangkatku menjadi keponakan yang sesungguhnya ='D

5. Kata orang, ketika aku bicara dalam bahasa Inggris aksenku mirip orang Inggris. Err, oke, mereka tidak bilang begitu. Tepatnya—salah satu dari—mereka bilang gini, "Jun, cara ngomongmu dalam bahasa Inggris mirip... sahabat penyihir yang punya bekas luka sambaran kilat deh." Karena aku tak mudah percaya, jadinya aku coba cek. Aku pakai merekam suara sendiri ketika ngomong Inggris dan... Lalu aku bandingkan dengan cara ngomong aktor dan aktris berkebangsaan Inggris (mostly, Harry Potter stars plus aktris favoritku, Keira Knightley) dan ternyata memang... benar. Mereka tidak mengada-ada. Aku telah "terjangkit" aksen Inggris. Tapi tentu saja itu bukan hal buruk. Malahan itu aku anggap sebagai pertanda. Pertanda bahwa aku ditakdirkan untuk pergi ke Inggris. Ke Britania Raya!

4. Satu lagi pertanda kenapa aku ditakdirkan untuk ke United Kingdom. Kalian mungkin tidak mempercayainya, atau malah mencemoohnya, tapi aku punya feeling pasanganku di masa mendatang, yang mana 'kan jadi my one in particular, adalah orang Inggris. Aku tak tahu siapa dia. Atau apakah dia memiliki wajah malaikat? Ataukah dia masih anggota keluarga kerajaan? Ataukah dia dari kalangan selebritas? Aku tak punya gambaran apapun. Feelingku bilang, dia adalah warga Inggris atau orang Skotlandia yang berdomisili di Inggris. Untuk itulah, kenapa aku mesti ke Inggris. Supaya aku segera bertemu dengan jodohnya. Supaya aku bisa segera menanggalkan status jombloku ini.

3. Aku pernah mendapatkan hadiah koper. Tapi hingga kini koper itu tersimpan rapi di lemari. Belum pernah merasakan dibawa bepergian ke manapun. Bisa dibilang masih perawan. Saat aku mempertanyakan, "Kapan ya aku bisa memerawani (?) koperku ini?" saat itu aku membaca tweet salah seorang selebtweet yang mengabarkan sebuah kompetisi yang diadakan oleh Mister Potato dan Smax. Sebuah kompetisi berhadiah ke Inggris gratis! Jelas sekali ini pertanda bahwa, sudah waktunya koperku itu keluar dari tempat penyimpanan, sudah waktunya baginya merasakan dimasuki (?) barang-barang dan menjelma bak lemari portable, sudah waktunya baginya melihat kalau dunia itu lebih luas dari lemari tempat dia tinggal :'D

2. Beli buku (fiksi) berbahasa Inggris. Yaelah, jauh-jauh ke Enggres cuman mau beli buku? Di sini kan juga ada, barangkali itu kalimat yang akan kalian lontarkan. Tapi sungguh, selain ingin memiliki buku yang dicetak di Inggris, dengan kata lain Made in England atau Made in United Kingdom, aku ingin merasakan suasana dan menyesap aroma toko buku lokal. Apakah ada bau-bau yang berbeda dengan toko buku di Indonesia? Apakah hanya dengan memasukinya saja membuatku terasa pintar? Bisa dibilang, memasuki toko buku lokal semacam wisata hati dan jiwa bagiku :')

Dan alasan teramat paling top kenapa aku mesti ke Inggris adalah...

1. Aku mendapat panggilan kerja untuk menjadi... guru Telaah Muggle yang baru di sekolah sihir Hogwarts! Semenjak meninggalnya Profesor Burbage, tidak ada yang mau mengisi jabatan tersebut—walau Pangeran Kegelapan telah lama jatuh, dan pengikutnya banyak yang ikut jatuh bersamanya. Selama bertahun-tahun posisi itu kosong. Aku tidak tahu kenapa orang-orang takut mengisi kekosongan itu. Aku juga tidak mau tahu juga, paling juga berkonstelasi dengan hal-hal yang kurang baik yang didatangkan oleh pikiran mereka sendiri. Lagipula, bagaimana para penyihir muda, yang berdarah murni dan berdarah setengah tapi interaksinya dengan kelahiran muggle (tak mewarisi setetes pun darah dari penyihir manapun) hanya terbatas saat berada di sekolah, bisa lebih mengenal muggle kalau mereka tidak mempelajarinya? Dan, menurutku, sudah saatnya mereka mendapatkan pelajaran tentang muggle lewat kacamata muggle =)




P.S.
[1] 11 Alasan ini diikutkan ke dalam kompetisi Ngemil Eksis Pergi ke Inggris yang diadakan oleh Mister Potato dan Smax.



[2] Hal-hal di atas ada yang fiksi dan ada yang nyata. Yang mana yang nyata dan sejauh mana fiksi yang aku gunakan, kalian mesti mencaritahunya sendiri. Salah satu caranya mungkin dengan men-stalkku di twitter atau facebook ;)
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^