Rabu, Mei 14, 2014

Token Listrik Langka?

Belakangan ini banyak sekali orang yang mampir ke tokoku untuk beli pulsa listrik/token PLN. Tapi yang bisa aku katakan pada mereka hanya, "Maaf, pulsa PLN sedang gangguan."

Dan itu benar, beberapa kali, berjuta kali, aku mencoba jawaban dari no. center tetap sama, "PLN20.14xxxxx tidak di proses, Produk gangguan ditutup sementara"


Aku coba tanya pada customer sercivenya melalui pesan singkat, "Kenapa pulsa pln gangguan, ya?"

Perlu diketahui, pulsa pln sejak Kamis malam minggu lalu, gangguan. Kamis siang masih oke. Sore lambat, malam gangguan. Dan sejak saat itu gangguan.

Jawaban dari CS (kurang lebih), "Maaf, pak. Pulsa pln memang sedang gangguan dari pusat. Bila lancar kembali nanti akan kami kabarkan. Terima kasih."

Pagi kemarin aku dapat notif PLN 20 lambat, tapi aku coba isi masih dijawab oleh no. center, "produk gangguan..."

Hnn... Bisa php juga nih pusat penjual pulsa ini x)))

Tapi lalu bagaimana bila rumah yang menggunakan listrik prabayar kehabisan, sementara pulsa pln masih diklaim oleh penjaja pulsa sedang gangguan?

Aku nyaris sempat menanyakan perihal gangguan ini pada pln lewat twitternya (@pln123). Tapi belum sempat aku tanya, jawabannya ada di timelinenya. Ternyata tidak cuma daerahku, tapi ada banyak yang mengalami, termasuk Surabaya.

Tapi PLN sendiri mengklaim jaringan tokennya/pulsanya tidak ada masalah. Dan mereka menyarankan pelanggan untuk membeli melalui bank yang bekerja sama dengan mereka. Semisal BCA, BRI dan seterusnya.

Pengisian pulsa melalui ATM juga sama mudahnya. No token tertulis rapi di struknya. Cuman ya itu, kendalanya cuman satu, mesti jalan ke ATM. Iya kalau rumah kita dekat dengan ATM, mungkin bagi pengusaha pulsa yang deket dengan rumahnya bakal mengkomersilkannya, kalau jauh? Kalau berniat mengkomersilkannya bakal capek banget. Belum biaya bensin buat motor (kalau pakai kendaraan bermotor) atau bensin buat orang yang sudah beli (perjalanan jauh terkadang bikin seseorang jadi haus dan lapar... dan uring-uringan).

Itu artinya pulsa listrik/token PLN tidak langka. Disebut langka bila di daerah pelanggan jumlah ATM bisa dihitung dengan jari.

Dan, bila dari pihak PLN tidak ada masalah, lalu kenapa hingga kini pulsa PLN ini mengalami masalah? Pusat mana yang mengalami masalah?

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^