Rabu, September 23, 2015

Tidak Terunduh

Selama beberapa hari, dimulai hari Jumat, blog yang di-host di Blogger dan Wordpress tidak bisa dibuka. Bingung? Iya. Sedih? Enggak juga. Panik? Lumayan. Sebab masalahnya hanya di unduhan halaman blog saja, aku tetap masih bisa nulis karena masih bisa masuk ke halaman dashboard. Yang bikin cukup bingung ketika ada komentar yang nyangkut, yang bila ada, dan membutuhkan balasan.


Aku lumayan panik karena sebelumnya ada teman yang berdomisili di sekitaran Jabodetabek mengalami hal serupa. Sebut saja namanya kak Ayu, entah ini nama asli atau nama samaran (?). Selama beberapa hari beliau (?) tidak bisa membuka halaman blognya, tapi bisa masuk ke halaman dashboard. Tentu saja hal ini menimbulkan kepanikan karena rasa haus akan berita terbaru di blog favorit tak bisa terpuaskan karena blog-blog tersebut tak bisa diakses sebab halamannya tak bisa terunduh sama sekali!

*hnn, terlalu menggunakan kata karena dan sebab, yak?*

Sejak tahu itu, dan dihubungkan dengan hal yang kualami sendiri, aku mentjoba mentjari tahu siapa-siapa lagi yang mengalami hal yang sama. Dengan harapan, siapa tahu dari yang pernah mengalami hal yang sama ini ada beberapa yang berhasil mengembalikan kondisi ke keadaan normal dan mau memberi tips atau trik bagaimana melakukannya.

Aku awalnya menuduh hal itu dikarenakan karena aturan privacy atau cookies-nya. Tapi aku sudah memasang perihal pemberitahuan cookies ini. Atau setidaknya aku memasang hal itu di Story Eater Tales (coba lihat di halaman bawah, di footer). Tapi mungkinkah karena itu? Bila iya, kenapa masih bisa dibuka di browser ponsel??

Butuh beberapa jam bagiku untuk menyadarinya. Masalah sebenarnya bukan pada bloggernya atau internetnya. Tapi pada penyedia layanan jasa internet. Atau bisa disebut provider internet. Salah satu yang terbesar di Indonesia, kalau aku boleh menambahkan.

Jadi yah, hal pertama yang aku lakukan adalah bertanya pada Mas Ronnie, pemilik sekaligus operator warung internet langgananku, "What's goin' on with blogspot? Why I can't download my blogpage?" (tentu saja itu hanya di dalam pikiranku, aku tanyanya tentu saja dalam bahasa ... Jawa) Jawaban Mas Ronnie, "Tidak tahu. Sudah beberapa hari blogspot begitu."

Aku bertanya lagi, "What *the name of Indonesia internet provider* said? Have you talk about this to them?"

Mas Ronnie, "Not yet. Perhaps, tomorrow."

Jadi, tidak ada yang bisa kulakukan selain menunggu. Atau aku bisa berpindah ke warnet yang lain, yang malas kulakukan karena itu sama dengan buang-buang bensin (Mas Ronnie's yang paling dekat, bisa ditempuh dengan jalan kaki kurang dari lima menit).

Kemudian datang hari ini ... Dan halaman blogku, begitu pula dengan halaman blog yang lain, yang di-host di Blogger dan/atau Wordpress, kembali terunduh. Dengan sempurna.

Share:

1 komentar:

  1. isp lokal mah emang gitu. apalagi yg mobile, mikirnya cari untung mulu.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^