Jumat, Juli 15, 2016

Kamera Ponsel di Mata Bookstagramer Pemula



Kepada Jun di masa depan ...

Seperti yang kamu ketahui, Jun--itu pun kalau dirimu tidak lupa, beberapa bulan belakangan ini aku sedang ketagihan dengan yang namanya Instagram. Mengabadikan objek, terutama buku-buku kesayangan kita, menjadi bidang dadakan yang ingin sekali aku kuasai. Mendadak fotografi buku (book-photography) yang awalnya berupa kehendak malas-malasan atau tergantung mood merangkak jadi hobi. Dari hobi kemudian menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Dari situ kamera ponsel menjadi sahabat baruku. Mata ketigaku. Sehari saja jemari ini tak menekan tombol shutter atau bidang layar sentuh, rasanya gatal, atau merasa ada yang kurang, bila diri ini tak mengabadikan kecantikan dan kemolekan buku-buku kita dalam sebuah gambar yang nantinya akan diunggah ke Instagram atau sosial media lainnya.


Apakah akhir-akhir ini dirimu melihat kembali foto-foto buku yang kamu abadikan dengan Luke, Jun? Foto-foto yang diambil oleh aku, masa lalumu, yang masih imut ini? Aku tebak ... belum. Mengingat banyaknya foto-foto buku yang kita ambil. Jadi, demi alasan nostalgia, berikut aku pampang sedikit hasil jepretan kita berdua:






Apakah foto-foto itu cukup indah, untuk standar masa depan? Aku harap sudah. Apalagi kan yang dipajang yang bagus-bagus, yang jelek mah disimpan aja, hahah. Meski aku sendiri, dirimu di masa lalu, merasa ada yang kurang dengan jepretan-jepretan itu. Di foto pertama, warna hitam covernya kurang solid. Di foto kedua, warna covernya terkesan pucat. Dengan resolusi kamera Luke yang masih ...

Dirimu tidak lupa dengan Luke, kan, Jun? Ponsel merah yang jadi "senjata" kita di masaku sekarang, yang kita gunakan untuk mengabadikan apapun di sekitar kita? Aku tahu dirimu di masamu pasti sudah menggunakan ponsel baru sekarang. Ponsel apa yang kamu pakai di masa depan? Tunggu, tunggu, jangan bilang ponsel baru kita itu Zenfone 2 Laser ZE550KL?!

Oke, oke, aku tahu itu harapanku. Harapan kita di masa sekarang. Gimana tidak jadi harapan? Dia punya apa yang dibutuhkan kita: Dual camera, 13 Mpx dan 5 Mpx, yang dilengkapi auto-focus (dan bukan sembarang auto-focus, tapi laser auto-focus yang mana bisa bekerja di kegelapan! Apakah dirimu menyadari kalau aku tidak pernah mengambil gambar ketika tak ada cahaya di sekitar?) dan flash, dan baterai super besar yang bisa digunakan memotret berjam-jam!

Untuk pengingat, siapa tahu kamu lupa--yang tidak mungkin mengingat itu ponselmu di masa depan, hahah, ini aku sematkan video singkat yang menunjukkan kenapa ponsel ini pernah jadi idamanmu:


Jelas ponsel impian seorang Bookstagrammer!

Aku tahu ada kemungkinan bukan ponsel ini yang kamu adopsi di masa depan. Yang kalau benar, agak cukup disayangkan, mengingatkan ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL menawarkan banyak hal bagus bagi seorang bookstagrammer seperti kita. Aku sendiri suka sekali dengan kemampuan laser auto-focusnya. Jika kamu mengenal masa lalumu ini dengan baik, maka kamu adalah yang paling tahu betapa aku ingin mengabadikan gambar di kondisi cahaya yang minim. Betapa aku ingin mengabadikan gambar salah satu bukuku, oke, banyak bukuku, berlatar langit malam hari.

Seseorang yang berharap bisa mencoret "memotret buku dengan latar belakang langit malam hari yang ditaburi bintang" dari bucket list,
Jun di masa lalu.

P. S. Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com.
Share:

6 komentar:

  1. pake kamera ponsel buat foto flatlay, pun tetap bagus hasilnya :D

    BalasHapus
  2. Sama kayak saya ya, suka mfoto buku. Tapi, jujur hasil jepretan Mas Jun lebih bagus dan kreatif. Baru pertama kali kenal istilah bookstagramer. Boleh juga..

    Namanya Jun, lahir bulan Juni ya? Sya kelahiran bulan Juni juga soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, makasih x))
      Istilah bookstagramer sudah lama ada kok. Bisa dicek hestek-nya di Instagram :D

      Iya. Benar. Saya lahir di bulan Juni xD

      Hapus
  3. Foto buku-bukunya bagus, keren :)

    Thks ya sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar. Jangan spam ya ^_^